Hobi adalah suatu kegiatan yang ditekuni seseorang karena alasan senang. Hobi ada berbagai macam jenis. Bisa berupa kegemaran mengoleksi sesuatu atau bisa juga dalam bentuk sebuah kegiatan.

Hobi dalam bentuk kegiatan bisa berupa pecinta alam, fotografi, bersepeda dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk penggemar suatu barang biasanya di salurkan melalui koleksi.

Berbicara tentang koleksi, ada banyak sekali macam barang yang dikoleksi oleh para pehobinya. Salah satu hobi koleksi yang cukup mengasyikkan adalah koleksi mainan miniatur tiruan superhero atau yang lebih dikenal dengan istilah action figure.

Action figure? Umumnya terbuat dari plastik atau material lainnya dan karakternya sering diambil berdasarkan film, komik, video game atau acara televisi. Mungkin kamu beranggapan bahwa hobi seperti ini adalah kegiatan anak kecil saja.

Anggapan itu akan sirna setelah kamu melihat lebih jauh seperti para pehobi koleksi mainan ini. Selain harganya yang terhitung tidak murah juga tingkat kesulitan dalam merakitnya tidak bisa dianggap remeh.

Beberapa pehobi tidak hanya mengoleksi saja namun juga melakukan perombakan atau customize pada action figureyang mereka miliki. Mereka juga seringkali membuat diorama (yaitu miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu ruangan atau pemandangan) untuk menampilkan aksi miniatur superhero terlihat lebih hidup.

akmal-luthfi-seorang-fotografer-pemilik-bengkel-infinity-diorama

Berbicara tentang “Diorama” di artikel kali ini DazAsia menampilkan salah seorang seniman pembuat diorama yang berdomisili di kota Bogor, Indonesia.

Ia adalah Akmal Luthfi, anak dari Bapak Aknasio Sabri (Ex. VPD PT. Arun), lahir di RS. PT Arun putra ke 3 dari 4 bersaudara ini memilih mandiri sebagai enterpreneur sebagai jalan hidup nya. Sukses di MLM Tianshi membuka peluang besar bertemu dengan nama-nama besar di dunia bisnis Indonesia. Lulusan SMU tahun 2001 ini sempat mengecap bangku sekolah di Arun hingga tingkat Taman Dewasa kelas 1. Akhyar Purnama (1997), Yuliasri (1998) dan Fakhri Anindita (2003) adalah saudara kandung dari Akmal.

Membuat Diorama baru ditekuni nya sejak pertengahan 2017 ini. Bermula dari berprofesi sebagai Fotografer untuk liputan berbagai macam event acara kantor, paket company profile (di bawah bendera Kertas Production) dan wedding (Infinity Photography) bersama saudara kandung nya Fakhri Anindita, bakat seni dan ketrampilan tangan nya pun terus meningkat seiring dengan keinginan nya untuk terus mengeksplorasi diri.

Beberapa barang koleksi nya dimulai dari berbagai kegiatan yang pernah ditekuni Akmal. Belajar sulap yang kemudian naik tingkat menjadi seorang Mentalis memperluas wawasan dan komunitas pertemanan nya, berbagai alat atau gimmick untuk menunjang kegiatan inipun diburu dan dikoleksi seperti kartu remi limited edition (Rare).

Kegiatan fotografi Akmal pun berkembang mengikuti hobi koleksi yang dimiliki nya, dari koleksi kartu hingga mainan action figure beserta diorama yang telah dibuat nya untuk ditampilkan di media sosial miliknya sebagai sarana promosi jasa pembuatan diorama.

Pembuatan diorama dibuat berdasarkan pesanan dan keinginan pelanggan. Ukuran skala nya pun mengikuti skala action figure itu sendiri yaiut berkisar diantara 6-18 inchi. Bahan yang digunakan umumnya dari polyfoam dan styrofoam yang dibentuk sedemikian rupa dengan sentuhan akhir cat untuk menampilkan tekstur agar terlihat seperti aslinya. Proses pembuatan nya pun memakan waktu yang tidak sebentar, tergantung dari detil yang akan ditampilkan. Kebanyakan diorama selesai dalam kurun waktu 1 minggu.

Berikut ini adalah beberapa diorama action figure yang pernah dibuat oleh Akmal. Kita lihat seberapa benar anggapan hobi koleksi mainan miniatur ini hanya untuk anak kecil.

akmal-luthfi-seorang-fotografer-pemilik-bengkel-infinity-diorama

akmal-luthfi-seorang-fotografer-pemilik-bengkel-infinity-diorama

akmal-luthfi-seorang-fotografer-pemilik-bengkel-infinity-diorama

akmal-luthfi-seorang-fotografer-pemilik-bengkel-infinity-diorama

akmal-luthfi-seorang-fotografer-pemilik-bengkel-infinity-diorama

 

Untuk kalian yang berminat memesan diorama atau butuh jasa foto, bisa langsung menghubungi Akmal Luthfi si Mr. Tupai (klik tulisan ini).