Peluang usaha dari hobi memasak memang cukup menjanjikan untuk dijadikan bisnis. Apalagi kalo dibantu dengan konsep marketing yang menarik. Sayangnya, tidak semua orang menganggap hobi memasak bisa menjadi sebuah usaha yang menguntungkan.

Jika kita lihat lebih jauh, ada beberapa peluang usaha dari hobi memasak yang ternyata cukup banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Selain bisa bersenang-senang bisa menjalankan hobi memasak, Anda juga bisa menghasilkan uang dari hobi tersebut. Terdengar mengasyikkan bukan? Teruskan membaca ya.

Hobi memasak di kalangan ibu rumah tangga banyak dilakukan hanya untuk sekedar mengisi waktu luang, bahkan katanya kegiatan ini bisa mengurangi stress. Hobi ini tidak memandang usia dan gender.

Buat kalian yang ingin memanfaatkan hobi memasak menjadi peluang usaha, berikut ini beberapa ide usaha yang bisa menjadi pertimbangan anda.

  1. Bisnis Jualan Kue/ Makanan Ringan
  2. Membuka Usaha Warung Makan
  3. Membuka Usaha Jasa Katering
  4. Menjadi Food Blogger/ Vlogger
  5. Membuat Buku/ Blog Resep Makanan Enak

 

Di artikel ini kita mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Aderma, Alumni Arun angkatan 98, putri sulung dari Bapak ML. Thamrin yang saat ini berdomisili di Bintaro. Neng Ade, sapaan akrab beliau di lingkungan ibu-ibu di sekolah anak nya. “Hobi memasak ku sudah dari sejak kecil, waktu itu sering lihat Umi (panggilan ibu nya Neng Ade) bikin empek-empek.” Istri dari seorang Dokter Spesialis Anestesi di sebuah Rumah Sakit Swasta di bilangan Bintaro ini, baru belakangan ini memulai kembali hobi memasak nya yang sempat terhenti karena sibuk dengan urusan rumah tangga dan anak-anak yang masih kecil.

Nasi Liwet Khas Sunda Neng Ade bermula dari Hobi Memasak

“Sekarang anak-anak udah pada besar, jadi aku punya waktu lebih untuk hobi memasak ku,” tambah Neng Ade yang memiliki paras Oriental ini. Ibu dari Neng Ade ini juga menjalankan bisnis Kuliner makanan khas Palembang yang bisa dipesan via Go-Jek (hanya untuk daerah Jabodetabek). Tak heran jika Neng Ade pun memiliki jiwa bisnis di bidang kuliner. Latar belakang suami yang memiliki darah Sunda, membuat Ade untuk selalu mencoba mengeksplorasi berbagai masakan khas daerah Tanah Sunda.

Nasi Liwet Khas Sunda Neng Ade bermula dari Hobi Memasak

Berbicara tentang Neng Ade memulai bisnis Nasi Liwet Khas Sunda ini adalah karena permintaan dari lingkungan di komunitas ibu-ibu yang tidak lain adalah para orang tua dari anak-anak di sekolah anak nya. “Waktu itu kita bikin acara kumpul-kumpul dan kebetulan aku dapat giliran memasak, karena waktunya udah mepet dan gak ada lagi yang mau terima orderan, akhirnya aku masak sendiri aja,” ujar Ade Ibu dari 3 anak yang menyelesaikan pendidikan Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran Bandung. “Ternyata respon nya luar biasa, teman-teman pada bilang enak dan pengen order!” Tambah Ade.

Selain lauk pelengkap nasi liwet, rahasianya lezat nya hidangan a la Neng Ade adalah di nasi nya, yaitu dimasak dengan menggunakan panci Kastrol. Hasil dan rasa nya memang sangat berbeda jika dibandingkan dengan cara biasa.

Nasi Liwet Khas Sunda Neng Ade bermula dari Hobi Memasak

 

Satu persatu orderan Nasi Liwet Kastrol a la Neng Ade mulai berdatangan. Terutama sejak teman-teman posting di media sosial seperti Instagram, Facebook dan Path. Untuk pemesanan Paket Nasi Liwet Kastrol biasanya harus dipesan paling tidak 2 hari sebelumnya dengan minimal order 10 porsi. Harga perporsi nya berkisar dari 35 Ribu hingga 40 Ribu Rupiah tergantung macam lauk pelengkap nasi nya.

Untuk pemesanan diluar Bintaro dan Tangerang Selatan tetap dilayani, dengan catatan biaya antar dengan menggunakan Taxi Online ditanggung oleh pemesan. Informasi untuk pemesanan bisa menghubungi Ade langsung melalui akun instagram nya @adhermasetiawan.

 

Sumber : DazAsia.com